Cara Membuat Kaos Sablon Menggunakan Peralatan Sederhana

CARA MEMBUAT KAOS SABLON MENGGUNAKAN PERALATAN SEDERHANA


chaosmig.jpg



BAHAN atawa PERALATAN

  1. Screen T70 - T90 "untuk media kasar" (Kaos)
  2. Screen T120 - T 200 "untuk media halus" (Plastik)
  3. Rachel Kaos
  4. Rachel Plastik
  5. Spon untuk Afdruk lebar sesuai ukuran screen
  6. Kaca tebal 5 mm
  7. Obat Afdruk (Photosol)
  8. Semprotan Air
  9. Minyak Ulano
  10. Minyak Goreng
  11. Kertas design Print Laser
  12. Kaporit + Air
  13. Soda Api (Untuk Menghapus jika film susah dihapus)
  14. Terpin (Untuk membersihkan screen dari cat sablon)
  15. Kapas
  16. Pengencer Cat Kayu, Kertas, Stiker, Vinil, Kulit, dll -> M3
  17. Pengencer Cat Plastik -> M4
  18. Cat
  19. Cat Plastik
  20. Ruber
  21. Transparan
  22. Netral
  23. White
  24. Vasde
  25. Pewarna Sandy



CARA MEMBUAT FILM PADA SCREEN

  • Siapkan Film atau kertas yang berdesign gambar
  • Lapisi dengan minyak goreng
  • Siapkan Screen (yakinkan bahwa screen bersih)
  • Oleskan obat afdruf ke screen secara merata menggunakan penggaris siku
  • Tunggu hingga kering, hindari dari sinar matahari, bila perlu letakkan ditempat gelap, agar screen tidak rusak (hangus)
  • Bila sudah kering tempelkan film yang sudah diberi minyak tadi ke bagian punggung screen sesuai posisi yang diinginkan
  • Masukkan spon ke dalam screen sebagai bantalan press
  • Serta letakkan kaca di atas film
  • Lalu lakukan penyinaran dengan sinar matahari sekitar 40 detik. Catatan: tergantung dari sinar matahari, jika terasa lebih panas, kurangi waktu untuk penjemuran screen (25-30 detik) Jika penyinaran dilakukan dengan lampu (minimal 100 Watt -> Misal 5 buah lampu neon 20 Watt), dibutuhkan waktu 10-15 menit (tergantung Daya lampu).
  • Lalu siram bagian depan dan belakang screen dengan air hingga benar-benar basah
  • Beri air penuh ke dalam screen sampai cetakkan film terbuka
  • Lalu semprot dengan semprotan air sehingga cetakkan di screen benar-benar terbuka membentuk sebuah pola sesuai dengan film yang kita buat
  • Cek atau amati apakah cetakan berhasil atau gagal
  • Jika gagal hapus dengan kaporit dan soda api
  • Lalu ulangi lagi



CARA MENYABLON

  • Gunakan meja sablon (jika ada)
  • Letakkan pada bagian yang ingin disablon
  • Masukkan cat sablon, dicairkan dengan pengencer seperti :


-> Pengencer Cat Kayu, Kertas, Stiker, Vinil, Kulit, dll -> M3

-> Pengencer Cat Plastik -> M4

Coba terlebih dahulu di kertas, apakah komposisi cat sudah pas atau belum (terlalu cair atau terlalu kental).

  • Lalu gunakan Rachel untuk mencetak sablon "tekan dengan satu arah" hasil terbaik lakukan satu kali
  • Gunakan terpin untuk menghapus cat dari screen sewaktu masih dalam masa penyablonan
  • Letakkan hasil sablon di tempat yang berangin, misalnya :


-> Untuk plastik bisa dengan kipas angin, agar cepat kering

-> Untuk Kaos bisa dijemur di bawah sinar matahari


CARA MENCUCI SCREEN

  • Olesi screen dengan kaporit (kaporit sudah dicairkan dengan air), gosok dengan kapas
  • Jika masih belum bersih campur kaporit dengan soda api lalu oleskan pada screen (bagian depan dan belakang) bisa menggunakan sikat gigi
  • Tunggu kira-kira satu jam
  • Lalu taburi dengan serbuk deterjen, lalu gosok seluruh bagian screen depan dan belakang dengan M3 (gosok dengan kapas)
  • Lalu semprot dengan semprotan air
  • Lalu jemur hingga kering dan screen bisa digunakan kembali


starup.png


question wassalam - moga bermanfaat biggrin

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

22 responses to "Cara Membuat Kaos Sablon Menggunakan Peralatan Sederhana"

Mz Ata [10:46 PM, 26-May-12]

follow back sukses

Nice Artikel

» http://weleh.pun.bz/

GalфeЯ SymbфS [10:54 PM, 26-May-12]

@Mz Ata
oke thank's kawan... Laporan nya dibaca biggrin

Ipunkwardana [11:22 PM, 26-May-12]

wahhh peluang usaha nich

GalфeЯ SymbфS [11:36 PM, 26-May-12]

@Ipunkwardana
bener bgt sob... Kalo mau di tekunin... Tapi males nya ini yang kaga ketulungan biggrin

Ayber Listya [12:10 AM, 27-May-12]

Peralatan.a bnyk bngt, , cz g pernh nyabl0n ka0s.

GalфeЯ SymbфS [12:19 AM, 27-May-12]

@Ayber Listya
banyak karena ada beberapa bahan yang fungsi nya sama... Super Komplit biggrin

Kucoba [12:47 AM, 27-May-12]

mantaf sob,kapan2 ane coba

Heram™ Handler™ [02:59 AM, 27-May-12]

Rasa malasku tinggi sob, kurang tekun sad

Andc [03:15 AM, 27-May-12]

mantafs gans...8)

GalфeЯ SymbфS [08:45 AM, 27-May-12]

@Kucoba
ya sob kudu di coba tuh

@Heram™ Handler™
biggrin haha

@Andc
biggrin

Jammiel [08:44 AM, 28-May-12]

bagus sob caranya bermanfaat ...

&minta folbacknya ku tunggu nie..biggrin


:Arrow: http://jamiel.faa.im

GalфeЯ SymbфS [10:02 AM, 28-May-12]

@Jammiel
oke langsung TKP biggrin arrow

ing [07:56 PM, 12-Aug-12]

pas cuci screen klo ga pake kaporit tpi langsung pke m3 aja bisa ga?

koko.ajaah [04:35 AM, 03-Oct-12]

sy msh blm paham tntang cra mmbuat sblon??mnta bntuany

Taataa [07:33 AM, 18-Dec-12]

untuk cat kaos, campurannya apa aja gan? Saya coba vasde+pewarna kok jadinya pucat ya?

Supriyadi Pro [06:05 PM, 13-Jan-13]

nyimak gan, saya juga menggunakan ini.

As'ad As_syifa [06:45 AM, 09-Apr-13]

..m'af,sya belum ngerti..
tlong bntuanx

K-chonkmania [03:29 AM, 10-May-13]

Masbro, aq masih awam nyablon. apa benar cat pilok 20ribuan itu bisa buat nyablon kaos katun,hyget,PE ??

rega [10:39 AM, 13-May-13]

mantapp

crudath [05:10 PM, 28-Jul-13]

passss

Bambang Ramansyah [07:54 AM, 30-Aug-13]

Nyari bahannya susah banget idea

Tomy ade [12:15 PM, 01-Sep-13]

Mantap.............Untuk tipsnya

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)